Inilah Beberapa Peralatan Wajib Teknisi Service AC

Bellas restaurant – Service AC merupakan sesuatu yang banyak dicari oleh seseorang. Di mana, ada banyak sekali layanan yang bisa ditemukan, mulai dari perawatan AC, mengatasi kebocoran AC dan perbaikan-perbaikan lainnya. Di setiap kota, tentu bisa ditemukan jasa service AC. Sehingga, tidak usah repot-repot mencari jasa service AC ini.

Seorang tukang atau teknisi service ACselalu melakukan pekerjaan hampir setiap hari. Di mana, untuk melakukan pekerjaannya dibutuhkan banyak peralatan. Peralatan memiliki banyak jenis dengan berbagai fungsi berbeda. Adapun beberapa peralatan yang wajib dimiliki teknisi service AC adalah sebagai berikut.

Peralatan Wajib Teknisi Service AC

1. Peralatan cuci AC

Peralatan wajib teknisi service AC pertama adalah peralatan cuci AC. Ada 3 macam peralatan cuci AC yang wajib dimiliki, yaitu jet pump, plastik steam AC dan ember atau bak air. 3 macam peralatan cuci AC tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Jet pump memiliki fungsi sebagai pencuci unit AC indoor dan outdoor. Sementara, plastik steam AC memiliki fungsi sebagai pelindung dan pengalir bekas sir cucian unit AC. Terakhir, ember atau bak air berguna untuk menampung bekas cucian AC.

2. Thermometer

Selanjutnya, teknisi service AC juga harus memiliki thermometer. Di mana, alat yang satu ini berfungsi untuk mengukur suhu.Thermometer digital merupakan jenis thermometer yang biasa digunakan oleh para teknisi service AC. Hal ini dikarenakan, thermometer digital memiliki pengukuran dan pembacaan yang akurat dan lebih mudah. Ada dua jenis skala yang bisa ditemukan dalam thermometer ini adalah celcius dan fahrenheit.

3. Pompa Vakum

Pompa vakum merupakan peralatan wajib teknisi service AC yang selanjutnya. Kegunaan dari peralatan yang satu ini adalah untuk mengosongkan refrigeran dari sistem pendingin. Sehingga nantinya, mampu menghilangkan gas yang tidak terkondensasi. Hal ini dilakukan agar mesin refrigerasi saat bekerja tidak mengalami gangguan. Ada alat lain yang digunakan sebagai pelengkap alat ini, yaitualat pengukur tekanan. Jika membutuhkan jasa service ac pasuruan silahkan hubungi CV Garuda Teknik.

4. Gauge manifold

Peralatan lain yang wajib dimiliki adalah gauge manifold. Peralatan yang satu ini bisa digunakan untuk mengukur tekanan pada refrigerant dalam sebuah sistem pendingin AC. Hal yang bisa dilihat dari alat ini adalah tekanan evaporator dan tekanan pada kondensor. Ada dua macam alat gauge manifold yang bisa ditemukan, yaitu gauge manifold dua laluan dan empat laluan. Di dalam alat ini terdapat sisi yang memiliki tekanan rendah dan sisi lain memiliki tekanan tinggi.

5. Pemotong pipa

Peralatan wajib teknisi service AC yang selanjutnya adalah pemotong pipa. Ada dua macam jenis pemotong pipa, yaitu tubing cutter, dan hacksaw. Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk menekan pipa tembaga hngga beberapa bagian dari pipanya menjadi berukuran kecil. Hanya saja, serpihan dari potongan-potongan pipa jangan sampai masuk ke dalam mesin sistem mesin AC. Sebab, hal ini akan menyebabkan mesin AC menjadi rusak. slot online terpercaya

6. Las atau brander

Terakhir, las atau brander. Alat yang satu ini sangat diperlukn dan wajib dimiliki oleh para teknisi service AC. Sebab, las berfungsi sebagai penyambung, penambal dan pelepas sambungan pipsa pada sistem refrigerator dan sistem AC. Biasanya, untuk menyambung bagian tersebut diperlukan perak atau timah.

Demikian peralatan wajib teknisi service AC. Beberapa peralatan di atas memiliki fungsi yang berbeda dan bisa dikatakan saling melengkapi satu sama lain. Peralatan-peralatan tersebut digunakan untuk mempermudah pekerjaan teknisi AC.