Tanaman Hias Serta Bunga Pengusir Nyamuk

Tanaman Hias Serta Bunga Pengusir Nyamuk

Bellas Restaurant – Ulasan ini mencakup tanaman hias dan bunga pengusir nyamuk mulai dari yang paling banyak digunakan di Indonesia hingga yang kurang dikenal. Tanaman ini sebenarnya tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa dicoba oleh pemilik rumah, mulai dari tanaman yang umum dan mudah ditemukan di Indonesia hingga tanaman yang jarang ditemukan. Tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk dan serangga seringkali mengandung zat tertentu yang menghasilkan bau paling tidak sedap bagi nyamuk. Bagi manusia, bau tanaman ini harum dan enak dicium, namun justru membuat nyamuk pusing dan enggan mendekat.

Tanaman dan Bunga Hias Pengusir Nyamuk Terbaik

Krisan

Bunga krisan dikenal sebagai bunga yang indah dan memiliki kemampuan untuk mengusir berbagai jenis serangga, seperti tungau, kumbang jepang, kutu, semut dan kecoa, karena semua jenis serangga ini takut akan kandungan krisan yaitu piretrum. Sebagai tanaman hias, krisan merupakan ancaman paling mematikan bagi serangga terbang dan melompat dari pyrethrum. Maka tak heran jika di Amerika, bunga krisan banyak digunakan untuk membuat semprotan ruangan bahkan sampo hewan. Namun, alami bukan berarti sama sekali tidak menjadi masalah karena bagi manusia karsinogen dari bunga ini bisa menyebabkan kanker. Menanam bunga krisan dalam pot, caranya bisa anda baca di Bunga Papan Makassar.

Allium

Anda pasti pernah mendengar tanaman yang bernama Allium giganteum dan termasuk dalam tanaman Allium. Bunga tanaman ini bisa tumbuh hingga setinggi 6 kaki. Merupakan insektisida alami yang konon terluas karena tingginya. Pada umumnya serangga apapun bisa ditakuti dengan kehadiran tanaman hias ini, tidak hanya nyamuk atau lalat yang bisa dijauhi, kutu daun, cacing dan keong tidak akan betah berada di dekat tanaman ini. Allium sendiri sebenarnya adalah tanaman kecil dengan pertumbuhan seperti bawang putih merah.

Petunia

Bunga merah putih yang didominasi warna merah termasuk tanaman hias atau bunga yang populer karena warnanya yang cukup bervariasi dan memancarkan kecemerlangan. Karena bisa tumbuh di pekarangan dan perawatannya juga cukup mudah, cukup menanamnya di pot atau wadah gantung, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Menjadi salah satu tanaman hias pengusir nyamuk di dalam rumah, tanaman ini sebaiknya ditanam di lokasi yang sangat cerah. Selain bisa menghiasi halaman rumah, serangga pun tidak akan berani muncul atau mendekati bunga petunia.

Lavender

Tanaman ini lebih sering dikenal sebagai tanaman yang erat kaitannya dengan aromaterapi, dan ternyata tanaman ini tidak hanya bermanfaat sebagai penunjang relaksasi. Isi yang mengandung geraniol tidak akan menyenangkan nyamuk dan serangga lainnya. Dengan menanamnya di kebun, terutama di daerah dengan paparan sinar matahari yang tinggi, nyamuk dan serangga lainnya akan diusir tanpa menghabiskan banyak energi. Aroma zat-zat yang ada pada bunga lavender akan tercium saat tertiup angin, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengusir nyamuk. Untuk menjauhkan kulit dari gigitan nyamuk, yang terbaik adalah mengoleskan minyak lavender. Bagi Anda yang ingin menanam lavender sendiri, ikuti di sini cara menanam lavender dari biji.

Nasturtiums

Bunga marigold merupakan tanaman pengusir lalat dan nyamuk yang juga bisa menjadi tanaman hias di pekarangan rumah. Kutu dan serangga tidak hanya saling tolak ketika mereka mencium bau marigold, bahkan kelinci pun tidak suka baunya. Akar tanaman marigold ternyata sangat bermanfaat dalam membantu petani mengusir cacing kremi atau cacing gelang yang tergolong nematoda.

Tanaman ini akan lebih baik jika ditanam di taman bunga dan tidak boleh digunakan sendiri atau di samping kebun sayur Anda. Pertumbuhan marigold akan lembut dan cepat jika ada sinar matahari yang cukup. Meski terdengar mudah, satu hal yang sering membuat pemilik marigold pusing adalah munculnya bintik-bintik yang muncul di akar dan daun yang busuk.

Sumber: Karangan Bunga Makassar