Pengertian Press Release: Jenis-Jenis dan Tujuan

Press Release

Bellas Restaurant –¬†Dalam dunia jurnalis press release juga biasa disebut dengan siaran pers atau news release. Siapa yang membuat press release? Press release sendiri biasa dibuat oleh public relation atau PR di suatu organisasi maupun perusahaan. Lalu, apa pengertian press release dan apa fungsi dari press release itu sendiri? Berikut ulasannya.

Pengertian Press Release

Press release atau siaran pers adalah informasi atau berita yang dibuat oleh public relation atau PR di suatu perusahaan maupun lembaga yang dikirim ke media untuk dipublikasikan baik secara offline maupun online. Press release sendiri bersifat informatif itu artinya berita atau informasi yang disampaikan dalam press release bersifat fakta.

Contoh press release adalah berita yang berisi mengenai event, perilisan product maupun informasi lain suatu lembaga ataupun perusahaan yang mengeluarkan press release.

Press release sendiri juga menjadi media yang baik untuk perusahaan atau individu untuk mempromosikan produknya. Karena informasi yang disampaikan bersifat formal dan aktual sehingga akan membuat publik lebih percaya dengan informasi yang disampaikan.

Untuk format penulisan press release sendiri yaitu terdiri dari mulai judul, teras dan isi yang memuat jawaban dari 5W + 1H.

Jenis Jenis Press Release

Press release sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti basic release, product release dan press release event. Basic release biasanya berisi mengenai informasi ataupun berita mengenai perusahaan. Sedangkan product release adalah berita yang memberikan informasi mengenai product dari perusahaan.

Adapun event press release adalah jenis press release yang memberikan informasi mengenai event yang sedang dilaksanakan oleh perusahaan atau lembaga.

Apa Tujuan Press Release?

Sesuai dengan macam macam press release di atas, press release sendiri memiliki banyak tujuan. Namun tujuan utama dari adanya press release yaitu memberitahukan publik mengenai informasi atau berita dari perusahaan atau lembaga baik itu perilisan produk, event yang sedang dilaksanakan dan sebagainya.

Itulah pengertian dari press release dan tujuannya. Pengertian sederhana dari press release itu sendiri yaitu informasi resmi yang dibuat oleh public relation atau media nasional perusahaan kepada publik melalui berbagai media baik cetak maupun melalui elektronik dengan tujuan agar publik tahu apa yang terjadi di perusahaan tersebut.