Cara Merawat Furnitur Kayu

Cara Merawat Furnitur Kayu

Bellas Restaurant – Hunian dengan furnitur lengkap adalah suatu kebanggaan bagi setiap keluarga. Jenis furnitur yang sampai saat ini masih digemari adalah furnitur dengan bahan dasar kayu. Selain karena keantikannya, furnitur kayu mampu menimbulkan kesan estetik dan juga elegan. Namun, memelihara furnitur kayu terkadang bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan juga ketelitian agar furniturmu yang berbahan dasar kayu tetap awet dan terhindar dari berbagai macam kerusakan. Tetapi jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat furnitur kayu yang mudah dan tepat:

1. Bersihkan furnitur dengan terjadwal dan berkala

Kebersihan selalu menjadi hal yang paling utama dalam setiap aspek, termasuk dalam perawatan furnitur kayu. Apabila tidak sering dibersihkan akan banyak debu dan kotoran menempel pada kayu yang akan menyebabkan kayu terlihat lapuk bahkan cepat usang. Untuk menggapai bagian tertentu yang sulit, kamu bisa menggunakan lap kecil atau kuas. Gunakan juga semprotan yang berisi cairan pembersih furnitur kayu untuk membersihkan dengan maksimal, jangan lupa untuk mengeringkan kembali furnitur dengan menggunakan lap halus. Perlu diperhatikan juga jangan terlalu sering menggunakan cairan pembersih dengan zat cair yang mudah menguap seperti aseton, alkohol, ataupun metanol karena akan merusak pelapis pada furnitur kayu.

2. Perhatikan suhu tempat penyimpanan furnitur

Berbeda dengan furnitur yang terbuat dari plastik atau besi, furnitur berbahan kayu memerlukan perlakuan khusus. Suhu normal adalah suhu terbaik untuk penyimpanan furnitur kayu. Suhu normal dalam hal ini adalah kondisi suhu yang tidak terlalu panas dan tidak juga lembap. Apabila furnitur kayu diletakkan dalam kondisi ruangan yang panas, kayu akan kering dan mudah terkikis, sama halnya apabila terlalu lembap, kayu akan mudah lapuk dan jamuran.

3. Hindarkan furnitur kayu dari cairan atau cat

Terkadang beberapa noda tertentu menimbulkan bekas yang permanen pada furnitur kayu. Apabila didiamkan, noda cairan atau cat akan merusak tekstur dari kayunya. Maka dari itu kamu perlu berhati-hati apabila meletakkan wadah cairan tertentu pada furnitur kayu agar tidak tumpah.

4. Berhati-hati saat akan memindahkan furnitur

Mengatur ulang tata letak furnitur adalah hal yang sering kita lakukan. Tak jarang hal ini menimbulkan resiko goresan baik pada furnitur kayu maupun lantai ruangan. Pindahkanlah furnitur kayu dengan berhati-hati dengan meminta bantuan pada anggota keluarga lainnya (apabila furniturnya berukuran besar dan berat). Kamu juga bisa memberikan alas pada bagian bawah furnitur untuk mengurangi resiko goresan.

5. Menggunakan obat anti rayap atau anti jamur

Untuk jenis furnitur berbahan kayu tertentu, seperti contohnya meja makan trembesi diperlukan pula perlakuan khusus karena sifatnya yang terkadang rentan terhadap gangguan atau serangan rayap. Oleh karena itu, agar furnitur berbahan trembesi seperti meja makan dan lemari ini awet dan terjaga, kamu perlu sesekali memberikan obat anti rayap atau obat anti jamur. Setelah itu lakukan selalu perawatan dan pembersihan secara rutin dengan cara sering mengelap dengan bahan yang halus. Kamu juga bisa memanfaatkan minuman teh sebagai alat pembersih untuk furnitur kayu. Dengan menggunakan teh, kamu bisa membersihkan furnitur kayu sehingga warnanya lebih berkilau.

Dengan pemeliharaan dan perawatan yang tepat, furnitur kayu akan bertahan dan awet selama bertahun-tahun. Kesan antik dan kokoh akan kamu dapatkan dan kamupun bisa menempatkan furnitur kayu sebagai alternatif barang utama di hunian impianmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *