Cara Membuat Subtitle Di PC dan Laptop

Cara Membuat Subtitle Di PC dan Laptop

Bellas Restaurant –┬áSubtitle memainkan peran penting saat menonton film dalam bahasa asing. Namun, pernahkah Anda berpikir tentang cara membuat subtitle untuk film atau video Anda sendiri? Ternyata membuat subtitle sendiri itu sangat mudah.

Ternyata setiap orang dapat membuat subtitle sendiri di film atau video mereka. Karena sebenarnya cara melakukannya sangat sederhana bahkan bisa diujikan hanya di laptop atau hp android.

Mengetahui cara membuat subtitle sendiri pasti akan sedikit membantu Anda dalam memberikan subtitle bahasa Indonesia ke film / video yang Anda inginkan. Beginilah cara Anda mencoba membuat subtitle.

Cek juga: Cara menghilangkan garis merah di Word

Cara Membuat Subtitle di Laptop / PC

Ada 2 cara untuk membuat subtitle film yang biasanya Anda uji di komputer atau laptop Anda. Pertama, Anda dapat membuat kapal selam Anda sendiri tanpa perangkat lunak, dan kemudian dengan bantuan perangkat lunak.

Untuk lebih jelasnya bisa baca penjelasan berikut ini.

Notepad

Notepad adalah aplikasi Windows default, jadi setiap komputer atau laptop harus memiliki aplikasi notepad ini. Notepad juga dapat digunakan sebagai pembuat caption video.

Catatan: Untuk membuat segalanya lebih mudah dan lebih tepat, silakan juga menulis subtitle saat menonton film atau video. Berikan juga jarak garis pemisah untuk teks kontinu agar lebih tajam.

Setelah Anda berhasil membuat teks Anda sendiri menggunakan metode notepad di atas, simpan file dalam format .srt dan pengkodean UTF-8. Anda dapat langsung mengambil subtitle yang Anda buat pada video dengan mengubah atau mengganti nama subtitle.

Aegisub

Cara selanjutnya untuk membuat subtitle Anda sendiri untuk film dan video adalah dengan menggunakan bantuan perangkat lunak aegisub. Tidak seperti notepad, aplikasi ini dapat dengan mudah memberikan efek subtitle seperti warna dan bentuk font.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan cukup ringan untuk digunakan di laptop. Di sana Anda dapat memilih font, warna, ukuran, tata letak subtitle yang akan Anda buat. Aplikasi ini juga memberikan gambaran agar Anda tidak menemukan kesalahan dalam proses pembuatan legenda.

Jika Anda ingin mencoba aegisub sebagai pembuat subtitle untuk film atau video Anda, berikut ini cara membuat subtitle Anda sendiri menggunakan Aegisub:

1. Buka Video

Buka software Aegisub, lalu klik menu Video> Open Video. Kemudian pilih video yang ingin Anda caption.

Ingatlah untuk menyertakan audio video untuk memudahkan pembuatan teks. Cukup klik pada menu Audio> Buka Audio dari Video.

2. Mengatur Tampilan

Anda kemudian dapat menyesuaikan warna, ukuran, dan gaya font teks. Anda dapat menyesuaikan teks film dengan bebas, tetapi pastikan lebih nyaman untuk dibaca.

Cukup klik menu subtitle dan pilih Style Manager. Di sana Anda akan melihat opsi untuk menyesuaikan tampilan font dengan mudah.

3. Ketikkan Subtitle

Langkah selanjutnya adalah menulis teks untuk video Anda. Untuk memasukkan subtitle, cukup akses menu kotak audio.

Untuk menampilkan dua baris teks dalam keterangan, Anda harus memasukkan \ N sebagai pemisah baris keterangan. Setelah selesai, tekan tombol Enter atau Validasi untuk segera menyimpannya.

Pastikan untuk menyesuaikan posisi subtitle dengan benar. Kemudahan memutar film atau subtitle video adalah poin penting.

4. Simpan Subtitle

Langkah terakhir, tentu saja, Anda perlu merekam hasil akhir pembuatan teks Anda sendiri. Caranya cukup sederhana, tinggal klik menu File> Save Subtitle atau tekan CTRL + S langsung di keyboard.

Format subtitle yang dihasilkan oleh aegisub dapat digunakan untuk semua pemutar media video. Anda bahkan dapat memasukkan subtitle hasil aegisub dalam video di YouTube.

Cara Membuat Subtitle di Android

Biasanya orang membuat subtitle bahasa Indonesia sendiri dengan menggunakan komputer / laptop. Namun ternyata terdapat aplikasi untuk hp android yang juga bisa kalian gunakan untuk membuat caption.

Aplikasi ini cukup kuat untuk membuat subtitle pada video atau film Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengubah subtitle yang salah agar sesuai dengan video.

Cek juga: Cara mengaktifkan bluetooth di laptop

Cara Menerjemahkan Subtitle Bahasa Asing

Setelah Anda mengetahui cara membuat subtitle sendiri untuk video atau film Anda, berikut ini cara menerjemahkan subtitle bahasa asing.

Pernahkah Anda mencari subtitle untuk sebuah film, tetapi hanya subtitle yang tersedia dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Anda dapat menggunakan fitur Google Translate untuk menerjemahkan subtitle dari berbagai bahasa dengan mudah.

Artikel ini menjelaskan cara membuat subtitle film dan video sendiri menggunakan notepad, aegisub, dan aplikasi di ponsel Android. Anda dapat memilih metode yang paling mudah untuk Anda.

Hal terpenting adalah memastikan bahwa subtitle film dalam bahasa yang baik dan penempatan teks yang tepat agar Anda merasa nyaman menonton film atau video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *