5 Cara Jitu Membeli Laptop Bekas

Cara jitu membeli laptop bekas

Bellas Restaurants – Di era yang serba canggih ini, penggunaan teknologi seakan tidak bisa terlepas dari kegiatan manusia. Terlebih lagi jika banyak pekerjaan yang menggunaan teknologi seperti laptop atau komputer.

Di sisi lain, jika Anda adalah seorang Mahasiswa pasti juga sangat membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas. Pada artikel dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara atau trik yang digunakan ketika membeli laptop yang tidak baru (bekas).

1. Menanyakan Lama Pemakaian

Hal pertama ketika Anda ingin membeli laptop bekas adalah menanyakan lama pemakaian pengguna lama. Sebenarnya, dalam hal ini kedua belah pihak harus jujur dan saling percaya. Anda bisa menanyakan dan meminta izin untuk melihat nota pembelian.

Ini dikarenakan laptop yang sudah digunakan pasti performanya akan semakin menurun. Sebagai ukuran, paling lama dalam penggunaan laptop tersebut sekitar satu tahun saja. Jika penjual sudah memakainya lebih dari satu tahun seperti 2 tahun misalnya, maka sebaiknya Anda dianjurkan untuk tidak membelinya.

2. Cek Spesifikasi Laptop

Untuk mengecek spesifikasi Laptop Anda bisa melihatnya melalui dxdiag yang diberi tahu oleh Sudutpc. Spesifikasi Laptop merupakan inti dari laptop itu sendri. Jadi, dalam pemilihan ini Anda harus benar-benar memperhatikannya dengan benar. Jangan mudah percaya pada deskripsi penjual.

Selain spesifikasi dalam, spesifikasi luar juga harus Anda lihat. Apakah laptop tersebut masih bagus dan terlihat kokoh atau sebaliknya.

3. Memastikan Terbebas dari Virus

Dalam membeli laptop bekas Anda harus memastikan bahwa barang tersebut terbebas dari virus apapun. Virus yang ada didalam laptop akan membawa dampak buruk pada kinerja laptop itu sendiri. Sehingga, ketika Anda memakai laptop tersebut akan ada saja masalah didalamnya. Jangan mudah tergoda dengan harga jual laptop yang murah.

Sebagai rekomendasi, jika Anda ingin beli laptop bekas maka sebaiknya jangan membeli secara online. Lakukan penawaran dan pembelian secara offline untuk memenuhi semua rasa penasaran Anda.

4. Penyimpanan Normal

Penyimpanan lega adalah laptop yang pasti semua orang akan cari. Hal ini wajar karena nantinya akan diisi dengan beberapa aplikasi atau file yang menjadi kebutuhan. Dalam hitungan paling minimal, laptop tersebut harus mempunya penyimpanan total keseluruhan sebesar 1 Terrabytes.

Selain penyimpananan, pastikan harddisk dari laptop tersebut normal dna tidak terkena bad sector. Pastikan keduanya memenuhi karena jika tidak laptop bisa saja akan terjadi eror ketika saat pemakaian.

5. Baterai Normal

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam hal membeli laptop bekas. Ada yang digunakan untuk kerja dan ada juga yang hanya digunakan untuk bermain game saja. Dalam hal ini, keduanya saling membutuhkan daya baterai yang normal dan baik.

Banyak sekali laptop yang dijual karena baterainya sudah lemah dan tidak mampu menyala dengan hitungan waktu yang lama . Dan jika hal ini dibawa ke tempat service laptop atau alat elektronik pasti akan membutuhkan waktu dan uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pilihlah laptop bekas yang memiliki daya tahan baterai yang masih normal keadaannya.

Itulah penjelasan lengka mengenai 5 Cara Jitu Membeli Laptop Bekas. Dalam membeli laptop, memang tidak ada larangan untuk membeli dalam bentuk baru maupun bekas. Semuanya akan baik-baik saja jika Anda mampu memilah dan juga memilih barang tersebut.

Sesuaikan dengan harga atas spesifikasi laptop. Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah. Karena apa? Banyak orang yang menjual laptop karena memang spesifikasi didalamnya sudah menurun. Namun, tidak sedikit juga orang yang menjualnya karena ingin ganti dengan yang produk yang lebih baru lagi.

Jadi, Anda harus bisa melihat pilihan laptop mana yang baik untuk digunakan dalam pemenuhan tugas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan